Standar kompetensi
3.memahami
komponen ekosistem serta peranan manusia dalam menjaga keseimbangan lingkungan
dan AMDAL.
Kompetensi dasar
3.1.mengidentifikasikan komponen ekosistem
3.2.menjelaskan
konsep keseimbangan lingkungan
3.3m.mendeskripsikan AMDAL
Materi ajar
1.ekosistem
2.aliran
energi dalam ekosistem
3.keseimbangan lingkungan
4. AMDAL ->GENAP/GANJIL
EKOSISTEM
1.Ciri-ciri mahluk hidup:
-bernafas
-dapat bergerak -berkembang biak -makan/minum
-peka
terhadap rangsang
-saling
berinteraksi
2.ciri-ciri mahluk tak
hidup:
-air -angin
-api
-udara -tanah
Ekosistem di dalam bahasa yunani
terbagi 2 yaitu: ecos dan system -ecos: tempat tinggal atau rumah
-system:
suatu kompponen-komponen yang memiliki fungsi dan tujuan tertentu.
–ekosystem adalah hubungan timbal balik antara mahluk hidup
dengan faktor lingkungannya, di suatu tempat.
*komponen-komponen ekosystem
1.komponen-komponen ekosystem
berdasarkan fungsinya
a.autotrof b.heterotrof
2.komponen-komponen ekosystem
berdasarkan penyusunnya. a.k.abiotik (tak hidup)
b.k.biotik -produsen -konsumen:herbivora,kamnivora,amnivora
-pengurai/dekomposer dalam bahasa yunani terbagi 2 yaitu:
1.a.autotrof dalam
bahasa yunani terbagi 2 yaitu:
-AUTOS: sendiri
-TROPHIKOS:menyediakan makanan sendiri
*autotrof a/mahluk hidup yang mampu menyediakan makanannya
sendiri.
b.heterotrof
kebalikan
dari autotrof: tidak mampu menyediakan makanan
*heterotrof a/ organisme yang tidak mampu membuat atau
menyediakan makanannya sendiri.
Contoh:hewan,tumbuhan,manusia,mikroorganisme
-produsen: mampu membuat makanannya sendiri
-pengurai/dekomposer a/ organisme yang menguraikan
organisme yang telah mati dari sisa-sisa makanan yang terurai.
TUGAS
1.Amatilah berbagai jenis makhluk hidup di lingkungan
sekolahmu. Kemudian kelompokkanlah mahluk hidup tsb kedalam kelompok ekosistem
0 komentar:
Posting Komentar