Mencari, Memilih Dan
Menetapkan Tempat Usaha
1.
Mencari tempat usaha yang paling strategis
Para pengelola usaha sangat berkepentingan
dalam mencari tempat usaha yang strategis. Perusahaan yang akan didirikan sudah
barang tentu di tempat atau di daerah para pelanggan yang sangat potensial.
Tempat usaha harus berdekatan dengan tempat pemusatan para pembeli, agar dapat
menjamin penyerahan barang yang mudah dan cepat. Pengambilan keputusan dalam
mencari tempat usaha yang strategis dapat di pandang sebagai proses:
a.
Mencari tempat usaha yang umum dan
b.
Mencari tempat usaha yang khas
Dengan perkataan lain tempat
usaha yang strategis adalah tempat atau letakperusahaan melakukan aktivitas
berikut pemasarannya, serta penjualan barang dagangan yang dapat memberi
keuntungan besar. untuk mencari tempat usaha strategis banyak kaitannya dengan
badan usaha. Mencari tempat usaha perusahaan yang strategis pada umumnya lebih
mudah dibandingkan dengan mencari tempat untuk pabrik. Mencari perusahaan adalah
di daerah pusat perdagangan dan keuangan agar pemasaran produk atau barang dagangan lebih berhasil dan terjamin.
Akan tetapi, jika akan mencari
tempat yang strategis untuk pabrik harus di pertimbangkan secara seksama, karna
akan berkaitan dengan masalah bahan baku,tenaga kerja, transportasi, dan
masalah penunjang produksi lainya. Tempat usaha yang strategis besar sekali
pengaruhnya terhadap biaya produksi maupun biaya pemasaran dan penjual barang
dagang
2.
Memilih tempat usaha yang paling strategis
Memilih tempat usaha yang strategis akan
menyangkut banyaknya pusat penjual yang akan di dirikan.tempat usaha yang
paling strategis dipengaruhi oleh beberapa faktor, diantaranya corak barang
yang disediakan,pelayanan,penyerahan barang, dan kemudahan transportasinya.
a.
Tempat usaha yang diinginkan perusahaan
Tempat usaha yang paling strategis dan yang paling diinginkan oleh
perusahaan tokoh, diantaranya debagai berikut.
1.)
Letaknya strategis
2.)
Dekat dengan bahan-bahan baku.
3.)
Dekat dengan pasar
4.)
Tenaga kerja mudah di dapat
5.)
Biaya transportasi murah
6.)
Fasilitas pemerintah daerah mendukung dan
menunjang
7.)
Fasilitas tenaga pengerak/energi mudah di dapat
8.)
Keadaan ekonomi konsumen di daerah tersebut
cukup baik
b.
Tempat usaha yang diinginkan konsumen/pembeli
Tempat usaha yang paling strategis adalah yang d inginkan pembeli sebagai
berikut :
1.)
Adanya fasilitas yang cukup luas
2.)
Fasilitas transportasi mudah dan lancar
3.
Menetapkan tempat usaha yang paling strategis
Menetapkan tempat usaha yang paling
strategis merupakan dambaan pengelolah usaha, sebab:
a.
Saat menguntungkan
b.
Dapat memuaskan langganan
c.
Adanya kemudahan dalam segala hal,dan
d.
Memudahka pemasaran dan penjualan barang
dagangan.
Apabila perusahaan telah menetapkan tempat usaha daerah yang strategis
dan masalah-masalah selanjutnya yang akan dihadapi adalah:
a.
Masalah biaya
b.
Masalah pelayanan
c.
Arus pengunjung
d.
Arus para pembeli
e.
Masalah parkir kendraan
f.
Masalah keamanan
g.
Masalah populasi
h.
Masalah persaingan
i.
Masalah transportasi
j.
Batas-batas daerah perdagangan
k.
Masalah kaindahan dan
l.
Masalah tenaga kerja yang terampil.
0 komentar:
Posting Komentar