Selasa, 23 Agustus 2016

KEWIRAUSAHAAN

Mencari, Memilih Dan Menetapkan Tempat Usaha
1.       Mencari tempat usaha yang paling strategis
Para pengelola usaha sangat berkepentingan dalam mencari tempat usaha yang strategis. Perusahaan yang akan didirikan sudah barang tentu di tempat atau di daerah para pelanggan yang sangat potensial. Tempat usaha harus berdekatan dengan tempat pemusatan para pembeli, agar dapat menjamin penyerahan barang yang mudah dan cepat. Pengambilan keputusan dalam mencari tempat usaha yang strategis dapat di pandang sebagai proses:
a.       Mencari tempat usaha yang umum dan
b.      Mencari tempat usaha yang khas
Dengan perkataan lain tempat usaha yang strategis adalah tempat atau letakperusahaan melakukan aktivitas berikut pemasarannya, serta penjualan barang dagangan yang dapat memberi keuntungan besar. untuk mencari tempat usaha strategis banyak kaitannya dengan badan usaha. Mencari tempat usaha perusahaan yang strategis pada umumnya lebih mudah dibandingkan dengan mencari tempat untuk pabrik. Mencari perusahaan adalah di daerah pusat perdagangan dan keuangan agar pemasaran produk atau barang  dagangan lebih berhasil dan terjamin.
Akan tetapi, jika akan mencari tempat yang strategis untuk pabrik harus di pertimbangkan secara seksama, karna akan berkaitan dengan masalah bahan baku,tenaga kerja, transportasi, dan masalah penunjang produksi lainya. Tempat usaha yang strategis besar sekali pengaruhnya terhadap biaya produksi maupun biaya pemasaran dan penjual barang dagang
2.       Memilih tempat usaha yang paling strategis
Memilih tempat usaha yang strategis akan menyangkut banyaknya pusat penjual yang akan di dirikan.tempat usaha yang paling strategis dipengaruhi oleh beberapa faktor, diantaranya corak barang yang disediakan,pelayanan,penyerahan barang, dan kemudahan transportasinya.
a.       Tempat usaha yang diinginkan perusahaan
Tempat usaha yang paling strategis dan yang paling diinginkan oleh perusahaan tokoh, diantaranya debagai berikut.
1.)    Letaknya strategis
2.)    Dekat dengan bahan-bahan baku.
3.)    Dekat dengan pasar
4.)    Tenaga kerja mudah di dapat
5.)    Biaya transportasi murah
6.)    Fasilitas pemerintah daerah mendukung dan menunjang
7.)    Fasilitas tenaga pengerak/energi mudah di dapat
8.)    Keadaan ekonomi konsumen di daerah tersebut cukup baik
b.      Tempat usaha yang diinginkan konsumen/pembeli
Tempat usaha yang paling strategis adalah yang d inginkan pembeli sebagai berikut :
1.)    Adanya fasilitas yang cukup luas
2.)    Fasilitas transportasi mudah dan lancar
3.       Menetapkan tempat usaha yang paling strategis
Menetapkan tempat usaha yang paling strategis merupakan dambaan pengelolah usaha, sebab:
a.       Saat menguntungkan
b.      Dapat memuaskan langganan
c.       Adanya kemudahan dalam segala hal,dan
d.      Memudahka pemasaran dan penjualan barang dagangan.
Apabila perusahaan telah menetapkan tempat usaha daerah yang strategis dan masalah-masalah selanjutnya yang akan dihadapi adalah:
a.       Masalah biaya
b.      Masalah pelayanan
c.       Arus pengunjung
d.      Arus para pembeli
e.      Masalah parkir kendraan
f.        Masalah keamanan
g.       Masalah populasi
h.      Masalah persaingan
i.         Masalah transportasi
j.        Batas-batas daerah perdagangan
k.       Masalah kaindahan dan

l.         Masalah tenaga kerja yang terampil.

0 komentar:

Posting Komentar